Senin, 11 Agustus 2014

Jalan-Jalan di Pameran Inovasi dan Kreativitas Pekalongan



OmahTenun - Sobat Tenun, minggu kemarin sempatin jalan-jalan di Pameran Inovasi dan Kreativitas Pekalongan dalam rangka peringatan Harteknas di Gedung Rumah Jabatan Bakorwil III. Berbagai macam inovasi, baik teknologi maupun bidang lain yang ditampilkan dalam Pameran tersebut, yang dimulai dari hari Sabtu (9/8) sampai Selasa (12/8). 
Pameran tersebut diikuti 219 stand. Terdiri dari 20 stand SKPD Pemprov Jawa Tengah, 30 stand kabupaten/kota di Jawa Tengah, 33 stand SKPD Pemkot Pekalongan, 27 LPM dan BKM Kota Pekalongan, serta 72 stand lembaga pendidikan, BUMN dan BUMD

Ada satu stan yang cukup menarik perhatian yaitu salah satu produk inovasi yaitu Eskrim Tempe dari LPM Kelurahan Kertoharjo , sayangnya tidak sempat untuk mencicipi. Jika produk inovasi tersebut bisa bekerja sama dengan produsen es krim, pastilah bisa diproduksi secara nasional.



kerajinan dari eceng gondok
Setelah menyusur stan-stan yang ada, cukup terlihat kalo masyarakat Kota Pekalongan memang sangat kreatif. Mereka bisa menciptakan produk-produk inovasi dari hal yang paling sederhana.Selain Eskrim Tempe, banyak produk atau tekonologi lain yang dipamerkan dalam event tersebut. Diantaranya mesin pencacah sampah yang dipamerkan LPM Kelurahan Jenggot, pemanfaatan batang pisang untuk pot tanaman, jakula teteh (ramuan alami yang terdiri dari jahe, kunir, lada, temu lawak dan temu ireng) yang dapat digunakan sebagai pestisida nabati dan pupuk hayati pada tanaman.
Selain itu, ada pula unit pengolahan limbah batik dan buoy pluto atau alat pemantau kualitas perairan tambak berbasis internet yang dipamerkan Unikal.

bersama Robot
Produk-produk yang ditampilan dalam pameran tersebut jelaslah menggambarkan tema yang diusung pameran, yaitu ‘Inovasi Pangan, Energi dan Air untuk Meningkatkan Daya Saing Bangsa’. Dengan adanya event ini, semoga masyarakat kota Pekalongan terdorong untuk terus melakukan inovasi, yang akan menjadi tumpuan keunggulan dan strategi untuk meningkatkan daya saing bangsa.

Maju terus Kota Pekalongan !!!




Semoga bermanfaat...
Salam hangat dari Tim OmahTenun 
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar