Jumat, 06 Juni 2014

Kerajinan Tenun dari Eceng Gondok

Sobat Tenun, kita lanjutkan lagi bahasan kemarin tentang Eceng Gondok Dalam Omah Tenun ( yang belum baca bisa baca disini ). Kalo kemarin sudah dipaparkan mengenai seluk beluk gulma yang banyak manfaatnya ini, sekarang kita bahas cara pemanfaatannya ya.


Pengumpulan Eceng Gondok


Eceng gondok hidup di sepanjang sungai. Pengumpulan eceng gondok ini menjadi tantangan bagi pengrajin dalam rangka pemenuhan kebutuhan perajin tenun dan aksesori lainnya. Biasanya pengrajin bisa meminta tolong kepada masyarakat di tepi sungai untuk mengumpulkan eceng gondok dan diberikan imbalan yang sesuai. Pengumpulan eceng gondok ini sebenarnya menjadi pekerjaan mulia karena bisa membersihkan sungai sekaligus mencegah banjir yang mungkin datang karena akibat yang kontra produktif tanaman eceng gondok ini.   




Pencucian Eceng Gondok
Setelah eceng gondok terkumpul dalam jumlah yang besar, maka langkah selanjutnya adalah mencucinya agar bersih dan menghilangkan bau tak sedap. Cara mencuci eceng gondok ini cukup disemprot dengan air bersih dan dirontokkan kotorannya dengan cara dibanting-banting. Pencucian bisa dilakukan di lokasi pengumpulan enceng gondok agar tidak mengotori angkutan yang akan membawanya ke tempat produksi Omah Tenun.


Pemisahan Eceng Gondok Dari Tangkai
Setelah sampai di lokasi pengrajin, eceng gondok mulai dipilah-pilah. Pemilahan antara daun dan batang ini diperlukan untuk mengklasifikasikan bahan yang akan digunakan sebagai bahan baku tenun atau kerajinan lainnya. Pemisahan bisa dilakukan dengan cara memotong menggunakan gunting kain yang kuat atau dengan pisau. Karena keuletan dan kerasnya eceng gondok sulit untuk dipatahkan dengan tangan biasa.





Pengeringan Enceng Gondok
Setelah dipilah-pilah, maka eceng gondok mulai dikeringkan. Apabila sedang musim kemarau maka pengeringan ini bisa berjalan dengan lancar dan waktunya cukup singkat. Hal ini berbeda ketika musim hujan yang pengeringannya berjalan sangat lama dan tidak mudah. Pada beberapa industri kecil pembuatan kerajinan dari eceng gondok juga dilakukan pengeringan dengan cara diasap atau diletakkan dalam ruangan pengering. Tetapi cara ini tetap kurang efektif dan kurang disukai karena kualitas eceng gondok akan menurun dibanding dengan proses pengeringan alami.


Proses Tenun Eceng Gondok
Eceng gondok yang sudah kering siap diproses lebih lanjut menjadi bahan baku untuk tenunan. Ada beberapa proses yang biasa digunakan dalam industri tenun, yaitu langsung dipilah disortir sebagai bahan baku tenun atau disuwir dahulu menjadi suwiran kecil yang digunakan sebagai bahan baku tenunan. Bisa juga eceng gondok yang telah disuwir dihilangkan lapisan dalam yang seperti busa kemudian baru dijadikan bahan baku tenun. Semua tergantung dari kebutuhan berdasarkan design tenunan.
 
Demikian tadi sobatTenun, sedikit pengetahuan tentang pengolahan eceng gondok untuk kerajinan tenun.
Semoga menambah wawasan ya...

Salam hangat dari Tim Omah Tenun

1 komentar: