Sabtu, 14 Juni 2014

Batik TENUN TOGOG Gianyar Bali Yang Memikat Hati

foto: bali.panduanwisata.com
OmahTenun - Sobat Tenun, bagaimana kalo kita lanjut jalan-jalan lagi setelah dari Jogja berlanjut ke Bali, wah cukup jauh juga. Tapi tunggu dulu, setelah sebelumnya jalan-jalan di dusun GAMPLONG, Sentra Wisata Tenun Tradisional di Jogja , sekarang kita terbang menuju ke Gianyar Bali. Ada apa emang disana...ooow ternyata ada yang menarik lho, BATIK TENUN TOGOG. Jadi penasaran nih sobat Tenun...



Sobat Tenun, warga Bali sangat terkenal dengan keuletannya dalam membuat berbagai macam bentuk kerajinan dari mulai mematung, memahat, membatik, menenun dan juga lainnya. Soal batik tenun ini, Bali memiliki motifnya tersendiri yang ternyata banyak juga disukai oleh para wisatawan baik lokal dari berbagai daerah di tanah air maupun wisatawan asing. karena motifnya yang khas, karakternya yang unik dan harganya yang murah meriah.

foto: bali.panduanwisata.com
Batik Tenun Togog merupakan salah satu jenis batik yang cukup terkenal dan memiliki daya tariknya tersendiri. Hampir berbagai lapisan masyarakat Bali mengenakan batik motif ini. Ketika Anda tengah berada di kawasan Gianyar maka bisa mampir ke pabrik yang menjadi markas pembuatan batik yang satu ini. Jadi, selain bisa membeli jenis batik ini juga bisa sekalian melihat cara pembuatannya yang membutuhkan tingkat keterampilan tinggi.
Jika dipandang secara seksama, akan terlihat begitu indahnya Batik Tenun Togog ini. Tak heran kalau banyak wisatawan asing dari Belanda, Jerman, Jepang dan beberapa negara Eropa lainnya menyukai batik tenun khas Bali ini. Beberapa motif yang tersedia seperti Motif Ketela Rambat, Motif Polos, Motif Lurik maupun Motif Palembang. Harganya cukup terjangkau, mulai dari yang berbahan dasar katun dengan harga Rp 125.000/ meter, Rp 400.000/ meter yang berbahan dasar sutera dan Rp 75.000/ meter berbahan dasar rayon.


foto: bali.panduanwisata.com
Sobat Tenun, keunikan lainnya dari Batik tenun Togog ini ialah pengerjaan batik ini oleh para pekerja perempuan. Pendirinya ialah Pande Nyoman Gede Marute yang telah merintis usahanya sejak tahun 1953. Untuk mencapai lokasi ini dari Denpasar, cukup dengan waktu sekitar 30 menit atau berjarak 26 km. Makanya kalau ada kesempatan Anda sebaiknya berkunjung ke pabrik Batik Tenun Togog ini untuk mendapatkan oleh-oleh bagi keluarga yang berkreasi tinggi.



Bagaimana sobat Tenun ? Tertarik ? silahkan terbang menuju Pulau Dewata Bali.
Banyak hal yang menarik dapat anda jumpai bila anda berkunjung ke Pulau Dewata ini, tak hanya keindahan alamnya yang memukau, aneka sajian kuliner yang menggoda namun juga hasil karya seninya yang unik serta bernilai seni tinggi.

sumber :  bali.panduanwisata.com

Semoga bermanfaat...
Salam hangat dari Tim Omah Tenun
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar