Selasa, 20 Mei 2014

Sekilas Tentang Alat Tenun



Sekilas Tentang Alat Tenun

Alat tenun adalah alat atau mesin untuk menenun benang/serat menjadi tekstil (kain). Alat tenun terdiri dari alat tenun tradisional, alat tenun bukan mesin yang dipakai untuk menenun dengan tangan manusia, serta alat tenun mesin yang dilengkapi motor penggerak. 

Menurut ukurannya, alat tenun tradisional dan alat tenun bukan mesin yang berukuran kecil dipakai untuk menenun sambil duduk, sementara alat tenun berukuran besar digunakan untuk menenun sambil berdiri. Orang Mesir kuno dan orang Cina kuno sudah mengenal alat tenun bukan mesin sejak 4000 SM.


Fungsi dasar alat tenun sebagai tempat memasang benang-benang lungsin/lusi agar benang pakan dapat diselipkan di sela-sela benang lungsin/lusi untuk dijadikan kain. Bentuk dan mekanisme alat tenun dapat berbeda-beda, namun fungsi dasarnya tetap sama.

Alat Tenun

Ada beberapa jenis alat tenun yang dipergunakan di Indonesia, yaitu : 

Alat tenun Gedogan merupakan alat tenun tradisional, pada bagian ujung dipasang pada pohon/tiang rumah atau pada suatu bentangan papan dengan konstruksi tertentu dan bagian ujung lainnya diikatkan pada badan penenun yang duduk di lantai. 

Alat tenun bukan mesin (ATBM) merupakan alat tenun yang digerakkan oleh injakan kaki untuk mengatur naik turunnya benang lungsi pada waktu masuk keluarnya benang pakan, dipergunakan sambil duduk di kursi. 

ATBM Dobby , dobby adalah alat tambahan mekanis yang berada di atas ATBM, Dobby berfungsi mengontrol penganyaman benang pada perkakas tenun lain, sehingga membentuk motif-motif sesuai dengan pola yang diinginkan.
 
Teknik Tenun

Ada beberapa jenis alat tenun yang dipergunakan di Indonesia, yaitu : 

  1. Teknik tenun sederhana.
  2. Teknik Ikat :
    - Ikat lungsi
    - Ikat pakan
    - Ikat ganda (lungsi dan pakan)
  3. Teknik songket
  4. Teknik dobby

Ragam Hias

Ragam hias yang terdapat dalam tenun adalah : 

  1. Flora
  2. Fauna
  3. Geometris
  4. Dekoratif

Jenis Tenun

Jenis tenun dihasilkan dari peralatan ataupun teknik yang dipergunakan dalam menenun benang lungsi dan benang pakan. Benang lungsi adalah benang yang terletak memanjang (vertikal) pada alat tenun, benang pakan adalah benang yang masuk keluar pada lungsi saat menenun.

Demikian sobatTENUN sekilas tentang alat tenun.
Semoga bermanfaat...

Salam hangat dari OmahTENUN

Tidak ada komentar:

Posting Komentar