Kamis, 15 Mei 2014

Industri Kain Tenun Sebagai Warisan Budaya Bangsa

Peningkatan serta perkembangan industri kain tenun di berbagai daerah di Indonesia merupakan upaya yang penting guna melestarikan warisan budaya bangsa sekaligus kebanggaan yang mencerminkan jati diri bangsa Indonesia.
Menteri Perindustrian MS Hidayat dalam keterangannya di Jakarta, mengatakan bahwa tenun merupakan salah satu karya budaya yang diproduksi di berbagai wilayah di seluruh Nusantara.
Menperin memaparkan jika tenun memiliki makna, nilai sejarah, dan teknik yang tinggi dari segi warna, motif, dan jenis bahan atau benang yang digunakan yang memiliki keunikan tersendiri antardaerah.
Untuk itu kain tenun baik dari segi teknik produksi, desain maupun produk yang dihasilkan harus dijaga dan dilestarikan keberadaannya, serta dimasyarakatkan kembali penggunaannya.
Sementara itu, peningkatan teknik pembuatan yang menggunakan Alat Tenun Bukan Mesin (ATBM) membuat kualitas dari kain tenun Indonesia tetap terjaga baik.
Kualitas kain tenun yang terjaga itu dapat dipastikan mendapatkan respon baik dari pasar sehingga akan bersaing dengan batik pada tahun-tahun ke depannya.
Sebelumnya, Pemerintah Provinsi Jawa Barat mendorong upaya pelestarian industri produksi batik, bordir, dan tenun untuk menjaga keberadaan produk khas daerah sekaligis dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi masyarakat Jawa Barat.
Pemerintah Kota Ternate, Maluku Utara, melestarikan tenun khas Ternate guna melestarikan kekayaan budaya setempat.
Kepala Disperindag Kota Ternate M Gani Arief di Ternate, Selasa (6/5) menyatakan bahwa untuk melestarikan dan memperkenalkan tenun, Pemkot Ternate dan Dekranasda mengikuti ajang pameran Tenun Nusantara. Pameran yang dilaksanakan di graha Kementerian Perindustrian di Jakarta ini sekaligus akan dimanfaatkan untuk mempromosikan keanekaragaman budaya nusantara.
Selain itu juga Wakil Gubernur Jawa Barat, Deddy Mizwar saat Festival Batik, Bordir, dan Tenun Nusantara di Graha Manggala Siliwangi, Bandung, Rabu (7/5) mengatakan bahwa para pengrajin batik, bordir dan tenun diharapkan mampu konsisten dalam menyajikan hasil karya yang orisinil serta mempunyai ciri khas tersendiri.
Ia menuturkan, Jawa Barat merupakan suatu daerah di Indonesia yang memiliki keanekaragaman motif batik, keunikan bordir dan kekhasan tenun.
Sedangkan Ketua Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas) Pusat, Vita Gamawan Fauzi mengatakan motif kain tenun telah mampu mengikuti perkembangan zaman dan menyesuaikan keinginan konsumen pada masa kini. Keberagaman budaya yang ada di Indonesia membuat kain tenun memiliki beragam corak dan ciri khas tersendiri. Hal ini akan sangat bagus bagi perkembangan kain tenun di Indonesia karena mampu menawarkan differensiasi produk sehingga memiliki konsumennya masing-masing.
Proses pembuatannya yang secara manual tanpa menggunakan mesin juga menjadi daya tarik tersendiri bagi para penggemar kain tenun karena membutuhkan waktu yang lama dan rumit dalam pembuatannya. Setiap daerah di Indonesia memilki berbagai macam motif yang memiliki makna yang terkandung dalam setiap kain tenun masing-masing daerah.

sumber : http://beritadaerah.com/2014/05/13/industri-kain-tenun-sebagai-warisan-budaya-bangsa/

Semoga bermanfaat...
Salam hangat dari Tim OmahTenun

1 komentar:

  1. Halo Admin :)

    Saya sangat suka dengan postingan foto-fotonya :)
    Perkenalkan, saya Dewi dari tim kumpulbagi. saya ingin tau, apakah kiranya anda berencana untuk mengoleksi foto-foto,video,menggunakan hosting yang lain dengan tujuan promosi ? :)
    Jika ya, silahkan kunjungi website ini www.kumpulbagi.com untuk info selengkapnya.

    Oh ya, di sana anda bisa dengan bebas mendowload foto-foto,video dalam jumlah dan waktu yang tidak terbatas, setelah registrasi terlebih dahulu. Gratis :)

    Terima kasih.


    Salam.
    dewi

    BalasHapus