Selasa, 03 Juni 2014

Tenun Songket Palembang

Selamat sore sobat Tenun. Setelah sebelumnya kami paparkan sedikit tentang Tenun Ikat Indonesia ( baca disini ) , sekarang kami akan paparkan tentang Tenun Songket Palembang. Songket Palembang merupakan kerajinan tradisional khas masyarakat Palembang dan umumnya merupakan hasil industri rumah tangga. Pekerjaan menenun biasanya dilakukan kaum wanita, walaupun akhir-akhir ini kaum pria juga sudah berpartisipasi membuatnya. Songket adalah kain tenun yang dibuat dengan teknik menambah benang pakan sebagai hiasan, yaitu dengan menyisipkan benang perak, emas atau benang warna di atas benang lungsin. Tenun ini memiliki berbagai motif, seperti: lepus, jando beraes, bunga inten, tretes midar, pulir biru, kembang suku hijau, bungo cino, bunga pacik, dan lain-lain.

Pembuatan Tenun Songket Palembang pada dasarnya dilakukan dalam dua tahap, yaitu (1) tahap menenun kain dasar dengan konstruksi tenunan rata atau polos dan (2) tahap menenun bagian ragam hias yang merupakan bagian tambahan dari benang pakan. Masyarakat Amerika dan Eropa menyebut cara menenun seperti itu sebagai inlay weaving system.


Tenun songket umumnya dipakai kaum wanita dalam upacara-upacara perkawinan, resepsi-resepsi resmi, dan acara-acara adat. Songket yang dikenakan seseorang akan menunjukkan status sosial pemakainya. 

Berbagai motif Songket
Tenun/Siwet Songket Palembang (dalam bentuk kain atau selendang) sudah terkenal di dalam maupun luar negeri. Tenun ini terbuat dari benang sutera kombinasi benang emas yang ditenun dengan cita rasa seni yang tinggi.

Keistimewaan Tenun Songket Palembang adalah proses pembuatannya sangat cermat sehingga untuk membuat satu kain dibutuhkan waktu 3-6 bulan. Di samping itu, desainnya tidak selalu sama antara satu pengrajin dengan pengrajin lainnya, tergantung selera mereka masing-masing.

Bagi sobat Tenun yang berminat , bisa mengunjungi Pusat pengrajin Tenun Songket Palembang berada di Kawasan Industri Songket Kelurahan 30 – 32, Kecamatan Ilir Barat, Kota Palembang.  

Semoga artikel ini bermanfaat dan menambah wawasan sobat Tenun tentang ragam kerajinan tenun Indonesia.

Salam hangat dari Tim Omah Tenun.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar