Kamis, 18 September 2014

Launching AKN Kota Pekalongan

Omah Tenun - Sobat Tenun, sebelumnya kami pernah kabarkan tentang dibukannya Akademi Komunitas Negeri Kota Pekalongan ( baca disini ), kemarin pada hari Rabu, 17 September 2014 telah melakukan Launching disertai Kuliah Perdana dan Kuliah Umum AKN Kota Pekalongan Tahun Akademik 2014/2015. Pada Lauching tersebut Tim Omah Tenun berkesempatan bisa menjadi tamu undangan menjadi saksi telah adanya satu-satunya Perguruan Tinggi Negeri di Kota Pekalongan yang dibawah Dirjen Dikti.
Launching yg berlangsung di di Aula SMK Negeri 3 Pekalongan tersebut dihadiri dari segenap jajaran pemerintah kota Pekalongan, wakil dari pengusaha dan industri di Pekalongan dan tentu saja Direktur Politeknik Negeri Jakarta beserta jajarannya selaku pelaksana PDD ( Program Studi Di Luar Domisili ).

Dalam sambutan Bapak Abdilah, Direktur Politeknik Negeri Jakarta menyampaikan bahwasanya keberadaan Akademi Komunitas Negeri di Kota Pekalongan ini akan meningkatkan angka partisipasi kasar (APK) perguruan tinggi di Indonesia. Semakin banyak mahasiswa yang masuk Akademi Komunitas Negeri, akan semakin tinggi APK Perguruan Tinggi di Indonesia.
Bapak Abdilah mengatakan, keberadaan Akademi Komunitas Negeri Kota Pekalongan telah menjawab tantangan Undang-undang Nomor 12 Tahun 2012 tentang Perguruan Tinggi. Menurut dia, untuk meningkatkan APK Perguruan Tinggi, di antaranya melalui pengembangan program pendirian perguruan tinggi, institut dan akademi komunitas.
“Dengan dibukanya Akademi Komunitas Negeri Kota Pekalongan, berarti Kota Pekalongan telah bisa menjawab tantangan Undang-undang Nomor 12 tahun 2012. Jika masyarakat yang ikut Akademi Komunitas semakin bertambah, maka angka partisipasi kasar akan semakin tinggi,” terangnya.

Dalam kesempatan ini pula Bapak Muhajir selaku Koordinator Akademi Komunitas Negeri Kota Pekalongan menjelaskan, pada tahun ini Akademi Komunitas Negeri Kota Pekalongan membuka dua program studi, yaitu Supervisor Pemintalan dan Pertenunan, serta Desain Kria Tekstil.
Dari jumlah pendaftar sebanyak 135 orang, yang melakukan registrasi sebanyak 115 orang. Dijelaskan juga, sebelum mengikuti kuliah perdana hari itu, mahasiswa Akademi Komunitas Negeri Kota Pekalongan telah mengikuti kegiatan pengenalan kampus selama dua hari, 15 September hingga 16 September.

Sekda Kota Pekalongan Dwi Arie Putranto yang pada kesempatan ini mewakili Bapak Wali Kota Pekalongan mengatakan, untuk sementara, proses perkuliahan Akademi Komunitas Negeri dilaksanakan di SMK Negeri 3 Pekalongan. Menurut Bapak Dwi Arie saat ini belum ada gedung resmi, sehingga untuk sementara perkuliahan dilakasanakan di SMK Negeri 3 Pekalongan.
Namun, Pemerintah Kota Pekalongan telah menyiapkan lahan untuk pembangunan gedung Akademi Komunitas Negeri Kota Pekalongan di Kelurahan Tirto, Kecamatan Pekalongan Barat.

Demikian Sobat Tenun, semoga dengan dibukanya AKN Kota Pekalongan ini akan lebih meningkatkan sumber daya manusia yang kompeten dan siap terjun memajukan industri di Pekalongan dan sekitarnya.
Terus semangat menuntut ilmu adik-adiku...


Semoga bermanfaat...

Salam hangat dari Tim Omah Tenun

Tidak ada komentar:

Posting Komentar